3 SEGMEN USAHA DI BUDIDAYA IKAN LELE

BUDIDAYA IKAN LELE SEGMENT PEMBENIHAN

Image
Budidaya ikan lele segment pembenihan adalah satu usaha budidaya ikan lele, dari mulai memilih indukan yg berkualitas, lalu memijahkan indukan tersebut hingga menghasilkan benih yg berkualitas. Melihat penjelasan diatas, jelas segment ini cukup rumit serta memerlukan waktu cukup lama untuk mempelajarinya. Untuk itu saya sarankan buat para pemula di budidaya ikan lele, jangan dulu memilih segment ini, pilihlah segment lain dan tekuni minimal 6 bulan, setelah tahu teknik dasar seluk-beluk budidaya lele, baru kita pelajari setahap demi setahap di segment pembenihan.  Segment ini juga memerlukan ketelatenan serta teknik khusus dari pembudidayanya, dari mulai detail memilih indukan, jenis indukan yg bagus, Ciri-ciri indukan siap pijah, treatment air, alat dan bahan apa saja yd harus di persiapkan dalam pemijahan, serta teknik pemijahan apa yg akan dilakukan..? Sampe sini saja kita sudah punya gambaran betapa rumitnya segment ini, belum lagi ada 3 teknik pemijahan yaitu 𝙥𝙚𝙢𝙞𝙟𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙞

Cara hijaukan air kolam lele dengan cara pemupukan dan treatment air

 Assalamualaikum Wr.Wb pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara pemupukan air kolam lele agar air kolam berwarna hijau alami, ikan lele sehat dan makan lahap. Cara ini saya khususkan bagi kalian yang berada didaerah yang memiliki karakteristik air berbeda dari biasanya seperti kadar besi tinggi, kadar karat, bau lumpur, bau minyak, bau batu bara, dan karakteristik air tidak normal seperti biasanya. Jadi bagi kalian yang memiliki sumber air dengan karakteristik NORMAL tidak usah mengikuti cara saya ini. Dan cara pemupukan air ini bukan pada kolam yang sudah ada ikannya melainkan ke kolam kosong yang disebut kolam tandon. Syarat untuk melakukan praktik ini kalian minimal memiliki 3 kolam ukuran 2x3 meter, jangan budidaya lele dengan 1 kolam, kalau kolamnya hanya satu bagaimana mau treatment air kolam ? Untuk ketinggian kolam tandon bebas.


Pagi hari sekitar jam 07:00 isi air kekolam kalian, setelah ketinggian air kolam tercukupi sesuai dengan tinggi kolam, isi full saja. Lalu lakukan penebaran GARAM GROSOK atau garam kasar (garam murni belum di proses) untuk takaran garamnya 100 gram untuk 1 kolam. Fahami ini, mau ukuran kolam tandon kalian berapapun, mau ketinggian air kolam tandon berapapun takarannya sama yaitu 100 gram atau 2 tutup Aqua galon karena itu sudah takaran yang pas. FUNGSI pemberian garam grosok adalah untuk membasmi bibit bakteri yang ada pada air, karena air yang kita ambil dari Sember itu tidak serta-merta bebas dari bakteri. Fungsi lainnya yaitu untuk menetralisir tingkatan pH berlebih serta kadar organik berlebih pada air.

PERTANYAAN :

1. Apakah penebaran garam grosok ini dilakukan setiap hari ❓

Emangnya mau buat ikan asin, setiap hari 😂 hanya saat pemupukan saja, adapun di waktu tertentu seperti setelah turun hujan kita tebar GARAM GROSOK

2. Apakah garam dapur yang beryodium bisa digunakan ❓

Malas amat sih cuma cari atau beli garam grosok aja, kan di online juga banyak 😂

Jangan garam dapur di khawatirkan zat yodium nya berpengaruh pada kualitas air 


Siang hari sekitar jam 12:00 Pastikan kondisi sedang terik panas, lakukan penebaran pupuk NPK PHONSKA PLUS, (pupuk ini suka digunakan petani untuk memupuk tanaman) Takarannya 1 sendok makan per kolam

catatan : mau kolam tandon ukuran berapapun, mau ketinggian air kolam tandon berapapun takarannya sama 1 SDM/kolam. Lakukan saat kondisi panas terik karena dalam kondisi air kolam hangat akan membantu mengurai senyawa pada pupuk NPK PHONSKA PLUS.

FUNGSI : penebaran NPK PHONSKA PLUS adalah untuk memancing biota kecil atau jasad retnik tumbuh secepatnya di air kolam, seperti kelompok plankton, fitoplankton yang membuat air kolam menjadi hijau. Baca catatan dibawah ini agar tidak GAGAL FAHAM

Catatan : penebaran NPK Phonska ini dikhususkan untuk kalian yang memiliki sumber air yang kurang normal, seperti kadar besi tinggi, kadar karat tinggi, dll. Jika karakteristik air di tempat kalian normal artinya tanpa penebaran NPK PHONSKA pun air kolam bisa hijau, jangan menebarkan NPK Phonska karena akan menyebabkan ALGA BLOOMING atau pertumbuhan lumut berlebih (kelewat subur)

Pertanyaan konyol pemula :

Apakah penebaran NPK PHONSKA ini dilakukan setiap hari ❓ 

Kamu mau bunuh ikan lele kamu sendiri 😂 ya jangan dong, penebaran NPK PHONSKA ini hanya dilakukan saat pemupukan saja.

Penebaran NPK PHONSKA ke kolam yang sudah ada ikanya boleh atau tidak ❓

Penebaran NPK itu ke kolam kosong yang kita sebut kolam tandon air, bukan ke kolam yang sudah ada ikanya.


Malam hari jam 19:00 tebarkan probiotik (bakteri positif) bisa probiotik apa saja, untuk Takarannya silahkan ikuti yang tertera di masing-masing probiotik. Kalau saya menggunakan NITROBACTER sebagai bakteri positif untuk mengurai.

FUNGSI : dari penebaran probiotik adalah bakteri positif yang terkandung pada probiotik ini bekerja untuk mengurai amoniak atau endapan dasar kolam berupa kotoran ikan, sisa pakan yang bercampur dengan bahan organik lainnya yang akan menjadi polusi bagi kehidupan ikan. 

Comments

Popular posts from this blog

5 Penyebab ikan lele KANIBAL dan cara mengatasinya

Rumus penebaran bibit lele untuk pemula, jangan tebar padat

Cara mengobati penyakit karat pada ikan lele,