3 SEGMEN USAHA DI BUDIDAYA IKAN LELE

BUDIDAYA IKAN LELE SEGMENT PEMBENIHAN

Image
Budidaya ikan lele segment pembenihan adalah satu usaha budidaya ikan lele, dari mulai memilih indukan yg berkualitas, lalu memijahkan indukan tersebut hingga menghasilkan benih yg berkualitas. Melihat penjelasan diatas, jelas segment ini cukup rumit serta memerlukan waktu cukup lama untuk mempelajarinya. Untuk itu saya sarankan buat para pemula di budidaya ikan lele, jangan dulu memilih segment ini, pilihlah segment lain dan tekuni minimal 6 bulan, setelah tahu teknik dasar seluk-beluk budidaya lele, baru kita pelajari setahap demi setahap di segment pembenihan.  Segment ini juga memerlukan ketelatenan serta teknik khusus dari pembudidayanya, dari mulai detail memilih indukan, jenis indukan yg bagus, Ciri-ciri indukan siap pijah, treatment air, alat dan bahan apa saja yd harus di persiapkan dalam pemijahan, serta teknik pemijahan apa yg akan dilakukan..? Sampe sini saja kita sudah punya gambaran betapa rumitnya segment ini, belum lagi ada 3 teknik pemijahan yaitu 𝙥𝙚𝙢𝙞𝙟𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙞

IKAN LELE MENGGANTUNG GAK USAH PANIK, BEGINI CARA MENGATASI NYA


       Halo sahabat patiler's, pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi ikan lele yang menggantung atau upacara, Apa penyebab ikan lele kita menggantung atau upacara.? Lalu Bagaimana cara kita mengatasi ikan lele yang menggantung atau upacara.? Sebelum saya membahas tentang ikan lele menggantung atau upacara, Bagaimana cara mengatasi ikan lele menggantung atau upacara, saran dari saya alangkah baiknya sahabat diagnosa dulu kenapa dan Apa penyebab ikan lele kita menjadi menggantung.

1. Terlalu banyak ngasih makan (kekenyangan) 


    Penyebab ikan lele kita menggantung atau upacara adalah kekenyangan. Ketika selesai memberikan makan, setelah itu lele menggantung atau upacara kalian jangan dulu panik, yang harus kalian lakukan adalah diamkan dulu saja selama tiga sampai empat jam karena pencernaan lele itu sangat pendek, lele membutuhkan waktu untuk mencerna makanan dan menyerap intisari dari makanan tersebut sahabat harus sabar, apabila memang sudah di diamkan tiga empat jam lele tersebut masih menggantung, lakukan sirkulasi air kolam, gunakan mesin pompa kecil, ambil air dari kolam tandon lalu alirkan ke kolam, dengan debit kecil saja (gemercik) di khawatirkan kekurangan oksigen. Saran dari saya jangan terlalu banyak memberikan pakan kasih makan lele secukupnya saja, ketika memberi makan lele, lalu lele sudah tidak responsif terhadap pakan segera hentikan saja jangan dilanjut, nanti akan membuat lele kekenyangan dan menggantung. 


2. pH air atau oksigen terlarut di dalam air mengalami penurunan secara drastis


       Ketika ph atau oksigen terlarut di kolam kita itu turun secara drastis biasanya lele juga akan menggantung dengan ciri-ciri lele tersebut menggantung atau upacara dipinggiran kolam ditandai dengan adanya busa berwarna coklat, ingat ya berbusa tapi warna coklat kalau warnanya bening biasanya lele tersebut kepadatan, kalau busanya berwarna coklat biasanya itu kadar oksigen terlarut atau pH-nya turun drastis yang akhirnya lele kita menggantung di pinggir kolam.          Kalian jangan panik, untuk mengatasi hal ini silakan tebar kapur dolomit sebanyak 50 gram per kolam, 50gram ini takarannya kurang lebih 1 tutup galon, coba larutkan 50 gram kapur dolomit ke air 1 liter, setelah itu Tebarkan ke kolam dengan harapan PH air itu naik kembali atau stabil.

     Yang kedua apabila tidak mempunyai kapur dolomit silahkan tebarkan 100ml cairan perasan daun pepaya, takaran 100ml itu ± setengah gelas minum 200ml. Setengah gelas saja untuk satu kolamnya, tebarkan langsung ke kolam untuk mengatasi lele yang menggantung. 

   Cara yang ketiga jika tidak memiliki kapur dolomit atau tidak ada juga perasaan daun pepaya silahkan gunakan salah satu probiotik, kalau saya menggunakan Nitrobacter, kalian bisa gunakan em4 yang sudah diaktifkan dengan molase, takarannya 1 tutup botol aqua (10cc) per meter kubik air kolam. 


3. Tingginya amoniak di dasar kolam atau nitrit di dasar kolam


       Biasanya hal seperti ini ditandai dengan air kolam yang keruh dan bau, bau tersebut adalah hasil dari reproduksi bakteri jahat di dasar kolam dikarenakan adanya tumpukan di dasar kolam akhirnya bakteri jahat beraktivitas di situ dan menimbulkan bau yang tidak sedap di kolam, biasanya ketika air di kolam lele kita ini mengalami bau karena banyaknya amoniak atau tumpukan di dasar kolam, secara otomatis pH dan oksigen pun ikut turun, yang akhirnya lele kita menggantung atau upacara.

       Untuk mengatasi hal ini lihat dulu ukuran ikan, ukur dulu Bagaimana tingkat bau air kolam, dan bagaimana tingkat kualitas air kolamnya. Apabila baunya itu sedikit dan tidak menyengat silahkan sahabat lakukan pembuangan air di dasar kolam lalu tambahkan air yang sudah kita tandon, lalu tebarkan probiotik sesuai dengan takaran.

      Apabila bau air kolam itu di tingkat menengah (agak bau) silakan buang air dasar kolam sebanyak 70% Lalu lakukan penambahan ulang dengan air tandon dan tebarkan kembali probiotik sesuai takaran.

    Jika air kolam itu baunya sangat menyengat sekali (bau khas amonia) karena memang lama tidak diganti air kolamnya serta endapan dasar kolam cukup banyak, silahkan kuras habis air kolamnya gosok dasar kolam dan dinding kolam sampai bersih Lalu datangkan air baru yang sudah kita tandon, setelah itu tebarkan probiotik sesuai takaran.


4. Ikan lele kita menggantung itu pada malam hari


        Ketika melakukan pengecekan kolam di malam hari lalu menemukan ikan lele kita menggantung, tidak usah panik karena yang hidup di kolam kita itu bukan hanya lele, tapi disitu ada jenis-jenis biota kecil lainnya yang hidup di kolam kita seperti Plankton, jenis-jenis Plankton ada Zooplankton ada fitoplankton, biasanya biota-biota kecil ini akan berfotosintesis di malam hari, ketika mereka berfotosintesis biasanya akan menyerap kadar oksigen terlarut dalam jumlah besar maka dari itu ketersediaan oksigen terlarut di dalam air kolam akan menyusut sehingga menyebabkan ikan menggantung. Kalian jangan khawatir lakukan cara berikut ini. 

        Silahkan ambil pompa kecil datangkan air dari kolam tandon menggunakan pompa, kocor air dengan debit kecil (gemercik), untuk menambah kembali Oksigen yang hilang.


5. Ikan lele mengalami stress


     Ikan lele stress biasanya ditunjang oleh dua faktor yang pertama faktor eksternal yang kedua faktor internal, faktor eksternal seperti adanya suara berisik disekitaran kolam kita, seperti bisingnya kembang api saat perayaan tahun baru, atau ada pembangunan gedung diarea sekitar kolam, dll yang menimbulkan berisik yang sangat keras biasanya lele akan stress atau juga area kolam kita didatangi oleh Predator seperti biawak, ular dan lain sebagainya yang bisa membuat lele menjadi stress.

       Yang kedua bisa juga disebabkan oleh faktor internal pergantian air dalam jumlah besar atau kita melakukan pembersihan air kolam dan mengganti air baru dari sumur langsung, atau juga melakukan penyortiran dan pemanenan, biasanya setelah melakukan hal itu ikan lele mengalami stress, dan ketika lele kita stress menggantung atau upacara dikarenakan faktor eksternal atau internal, lakukan pembuangan air dasar kolam yang banyak endapan di dasar kolam silahkan, buang dulu tapi dengan interval waktu Sebentar hanya membuang endapan dasar kolam nya saja kurang dari 1 menit silahkan buka saja lubang pembuangan, lalu tutup kembali, lalu lakukan penebaran garam dan probiotik. 

selanjutnya penyebab ikan lele kita menggantung upacara itu dikarenakan sakit nah dalam hal ini penyakit ikan lele dikarenakan banyak, Saran saya diagnosa dulu penyakit ikan itu apa setelah tahu ikan kita itu terjangkit penyakit apa lalu kita tentukan Obat apa yang kita pakai atau probiotik apa yang kita pakai atau juga antibiotik apa yang kita gunakan silahkan sobat di lele kita sesuai dosis dan takaran supaya lele kita sembuh dan tidak lagi menggantung.


   Yang terakhir penyebab ikan lele kita menggantung atau upacara adalah dikarenakan adanya air hujan yang masuk dalam jumlah besar nah ini biasanya menimpa kita pada saat musim hujan air hujan terkenal dengan kadar asam yang sangat tinggi ketika masuk ke kolam kita apalagi dalam jumlah besar biasanya itu akan mengacau kan standarisasi pH dan kadar oksigen terlarut dikarenakan air hujan ini terkenal dengan kadar asam yang tinggi biasanya keadaan kolam kita yang tanya stabil akan menjadi kacau dalam menghadapi hal ini sahabat enggak usah panik setelah selesai hujan silahkan Tebarkan garam krosok seperti ini dengan takaran 50 gram per m2 ya atau juga sahabat bisa melakukan penyebaran probiotik 10cc per m2 silahkan sahabat mempunyai probiotik apa kalau sendiri suka menggunakan nitrobacter seperti ini Hai atau sahabat bisa juga menggunakan probiotik lain seperti EM4 silahkan tambahkan saja agar lele kembali normal dan tidak menggantung.


itu saja yang bisa saya sampaikan tentang pembahasan ikan lele menggantung dan bagaimana cara mengatasinya mohon maaf apabila ada salah-salah kata dari penyembahan saya saya tutup assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Salam pentiler seluruh nusantara dan tetap semangat

Comments

Popular posts from this blog

5 Penyebab ikan lele KANIBAL dan cara mengatasinya

Rumus penebaran bibit lele untuk pemula, jangan tebar padat

Cara mengobati penyakit karat pada ikan lele,