3 SEGMEN USAHA DI BUDIDAYA IKAN LELE

BUDIDAYA IKAN LELE SEGMENT PEMBENIHAN

Image
Budidaya ikan lele segment pembenihan adalah satu usaha budidaya ikan lele, dari mulai memilih indukan yg berkualitas, lalu memijahkan indukan tersebut hingga menghasilkan benih yg berkualitas. Melihat penjelasan diatas, jelas segment ini cukup rumit serta memerlukan waktu cukup lama untuk mempelajarinya. Untuk itu saya sarankan buat para pemula di budidaya ikan lele, jangan dulu memilih segment ini, pilihlah segment lain dan tekuni minimal 6 bulan, setelah tahu teknik dasar seluk-beluk budidaya lele, baru kita pelajari setahap demi setahap di segment pembenihan.  Segment ini juga memerlukan ketelatenan serta teknik khusus dari pembudidayanya, dari mulai detail memilih indukan, jenis indukan yg bagus, Ciri-ciri indukan siap pijah, treatment air, alat dan bahan apa saja yd harus di persiapkan dalam pemijahan, serta teknik pemijahan apa yg akan dilakukan..? Sampe sini saja kita sudah punya gambaran betapa rumitnya segment ini, belum lagi ada 3 teknik pemijahan yaitu 𝙥𝙚𝙢𝙞𝙟𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙞

Gunakan 3 jenis pakan alternatif GRATIS ini | dijamin budidaya lele kalian untung banyak

       Halo sahabat patiler's, usaha budidaya ikan lele memang menguntungkan, tapi dibalik itu terdapat teknik yang cukup rumit yang perlu kita kaji sebelum mulai usaha budidaya ikan lele. Disamping itu lele juga tumbuh dengan 3 hal, yang pertama pakan, yang kedua tempat, yang ketiga waktu. Lele tumbuh dengan pakan itu fakta, tanpa pakan yang cukup, lele akan lambat tumbuh, disamping itu, dilema para petani ikan lele adalah mahalnya harga pakan terbaik, tanpa pakan lele lambat tumbuh tapi harga pakan yang terus naik juga membuat keseimbangan usaha budidaya ikan lele jadi labil. 


   Para petani dipaksa untuk berfikir keras bagaimana caranya agar lele tetap bisa makan, tumbuh optimal, tapi harga pakan murah. Untungnya kita sedang memelihara jenis ikan yang rakus yaitu ikan lele, apapun bisa dijadikan makanan oleh ikan lele. Memanfaatkan rakusnya ikan lele, para petani gak harus pusing dengan harga pakan yang kian hari kian naik, kita harus lebih rajin, giat dan tangguh dalam menghadapi situasi sulit ini. Berikut adalah pengalaman mimin menggunakan pakan alternatif gratis yang mudah kita dapatkan. 

1. Pakan alternatif daging keong mas


           Daging keong mas kaya akan protein serta mudah didapatkan, protein hewani pada daging keong mas bisa digunakan untuk pakan alternatif bagi ikan lele, pakan berprotein tinggi sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan ikan lele, solusi terbaik pilih para petani lele yaitu keong mas, disamping itu keong mas juga mudah kita dapatkan serta tidak perlu biaya alias gratis, asalkan kita mau mencarinya, pasti kita dapatkan. Habitat keong mas biasanya hidup di sawah, rawa, sungai, muara, atau kolam tanah. Pakan alternatif daging keong mas ini cocok untuk kalian yang budidaya ikan lele dengan skala kecil. Cara pengaplikasian nya pun cukup mudah, mau diberikan secara mentah atau matang, lele pasti memakannya. Tapi alangkah baiknya kita matangkan terlebih dahulu agar selera makan lele menjadi tinggi, serta air kolam tidak mudah tercemar. 


2. Pakan alternatif daging keong sawah (tutut)


           Tutut atau keong sawah juga tidak jauh beda dengan keong mas, keong sawah juga bisa kita gunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan lele, namun ukuran dari keong sawah (tutut) ini lebih kecil daripada keong mas, untuk urusan protein gak jauh beda antara keong sawah dan keong mas sama-sama tinggi protein dan bagus untuk pertumbuhan ikan lele, cara pengaplikasian nya mau matang atau mentah bisa, saya sendiri pun kalau dapat keong sawah suka langsung diberikan hidup-hidup, untuk cangkangnya nanti juga di pecahkan sama lele. 


3. Tumbuhan air (eceng, apu-apu) 


          Selanjutnya ada tumbuhan air yang bisa kita gunakan untuk pakan alternatif ikan lele, seperti eceng, kiambang, apu-apu, mata lele, atau azolla. Jenis tanaman air ini jika disimpan di kolam lele itu suka jadi dengan sendirinya, Lama-lama akan jadi banyak. Tanaman air ini hanya pakan camilan bagi ikan lele, bukan untuk pakan pokok, saya sendiri suka meng kolaborasi kan ketiga jenis pakan ini, tanaman air harus selalu ada di kolam, jika menyusut akibat dimakan lele, kita tambah lagi, pakan pokoknya yaitu keong mas dan keong sawah. 

          Perpaduan ketiga jenis pakan ini hanya bisa kita gunakan untuk budidaya ikan lele segmen pembesaran skala kecil atau skala rumahan saja, jika kalian sudah terjun ke skala bisnis budidaya yang besar, makan ketiga jenis pakan alternatif ini tidak cukup untuk menunjang nya. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sukses. 


Comments

Popular posts from this blog

5 Penyebab ikan lele KANIBAL dan cara mengatasinya

Rumus penebaran bibit lele untuk pemula, jangan tebar padat

Cara mengobati penyakit karat pada ikan lele,