3 SEGMEN USAHA DI BUDIDAYA IKAN LELE

BUDIDAYA IKAN LELE SEGMENT PEMBENIHAN

Image
Budidaya ikan lele segment pembenihan adalah satu usaha budidaya ikan lele, dari mulai memilih indukan yg berkualitas, lalu memijahkan indukan tersebut hingga menghasilkan benih yg berkualitas. Melihat penjelasan diatas, jelas segment ini cukup rumit serta memerlukan waktu cukup lama untuk mempelajarinya. Untuk itu saya sarankan buat para pemula di budidaya ikan lele, jangan dulu memilih segment ini, pilihlah segment lain dan tekuni minimal 6 bulan, setelah tahu teknik dasar seluk-beluk budidaya lele, baru kita pelajari setahap demi setahap di segment pembenihan.  Segment ini juga memerlukan ketelatenan serta teknik khusus dari pembudidayanya, dari mulai detail memilih indukan, jenis indukan yg bagus, Ciri-ciri indukan siap pijah, treatment air, alat dan bahan apa saja yd harus di persiapkan dalam pemijahan, serta teknik pemijahan apa yg akan dilakukan..? Sampe sini saja kita sudah punya gambaran betapa rumitnya segment ini, belum lagi ada 3 teknik pemijahan yaitu 𝙥𝙚𝙢𝙞𝙟𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙞

BERAPA BIAYA OPERASIONAL PEMIJAHAN SEPASANG INDUKAN LELE..? DAN BERAPA KEUNTUNGAN NYA..?

 Assalamu'alaikum wr wb

Berjumpa kembali bersama saya Jajang Jamaludin di TUTORIAL BUDIDAYA IKAN. Pada kesempatan ini mimin akan membahas tentang Berapa biaya operasional pemijahan sepasang indukan lele..? Dan berapa keuntungan nya..? 
Segala usaha yang kita lakukan tentunya akan membuahkan hasil, terlebih jika usaha tersebut kita raih dengan penuh perjuangan, sabar, ulet, dan tidak pantang menyerah. Tapi dibudidaya ikan lele tak jarang pembudidaya kerap putus asa karena mengalami beberapa kali kegagalan, merasa kecil hati putus harapan serta meninggal kan usahanya, dan itu saya katakan salah besar. Karena segala usaha tidak akan bisa kita raih secara instan mudah dan langsung menghasilkan banyak keuntungan, melainkan harus ditempuh dengan banyak nya cobaan dan rintangan. Itu hukum alam yang tidak bisa kita hindari, silahkan anda tanyakan kepada orang yang sudah sukses, jangan anda lihat sekarang, tapi lihat dulu sebelum dia sukses, bagaimana kehidupan nya, bagaimana perjuangan dia ingin menggapai keberhasilan tersebut..? Tentunya dengan banyak pengorbanan, keringat, air mata dan lelah yang luar biasa. 

Demikian halnya dengan saya, memulai usaha lele dari tahun 2000 dengan modal 300.000 saja, namun saat itu harga lele tidaklah menjanjikan maka dari itu budidaya lele saya jadikan sampingan, sementara pokok saya fokus kan ke budidaya ikan mas, nilai dan gurame. Bedanya, walaupun harga lele murah tapi pertumbuhan nya yang cepat membuat perputaran modal begitu cepat, dibanding dengan ikan lain yang cukup lama dalam masa budidaya nya. Sampai kurun waktu 2010 usaha budidaya ikan lele masih tetap saya pertahankan bahkan mampu bersaing dengan usaha budidaya ikan lainnya, semakin lama minat masyarakat akan ikan lele semakin meningkat, dari situlah nilai jual lele semakin naik, bahkan budidaya ikan lain pun sempat saya tinggalkan karena untuk mencukupi pasar ikan lele pun saya sampai kewalahan. 

Dikarenakan saya sendiri sudah menguasai 3 segment dibudidaya ikan lele, jadi saya bisa sedikit menekan biaya operasional yaitu dengan cara membuat pembenihan sendiri, alhasil saya tidak membeli benih dari petani lain, malah saya bisa membagi benih mana yang harus saya besarkan dan benih mana yang akan saya jual. Nah dari pembenihan itulah saya menarik kesimpulan tentang berapa biaya operasional dan keuntungan pemijahan sepasang indukan lele..? 
Baik saya akan utarakan kepada sahabat, inilah pengalaman saya. 

Pemijahan sepasang indukan lele dengan bobot 1kg bisa menghasilkan ± 60.000 butir telur, jika kita kurangi 10% saja di khwatir kan ada telur yang bonor (gagal di buahi) jadi yang menetas nya hanya 50.000 saja. Selama larva lele kita urus, terutama dimasa masa rentan yaitu usia 1 - 10 hari, di khawatir kan ada kematian dan kita kurangi 10% lagi, umpama yang hidup normal sampai ukuran 1-2 & 2-3cm hanya 40% saja itu sudah untung, apalagi jika telur tidak bonor dan selama kepengurusan larva tidak ada yang mati itu akan lebih untung lagi. Oke kita bahas yang 40.000 ekor saja dulu, jika benih sebanyak itu hidup normal di ukuran 1-2, 2-3 & 3-4 cm dan kita jual dengan harga ter rendah, katakan lah 30 rupiah/ekor maka 40.000 ekor X 30 rupiah = 1.200.000 rupiah, sudah jelas terlihat nominalnya kan. Dan itu kita dapat hanya dalam kurun waktu 15 - 20 hari saja. Sementara biaya operasional kepengurusan dari mulai larva hingga benih terjual hanya di kisaran ± 400.000 saja, dan jika 1.200.000 - 400.000 = maka hasilnya Rp. 800.000. Dari sini bisa saya simpulkan bahwa jika kita sudah menguasai teknik budidaya lele segment pembenihan maka 15 hari saja kita sudah punya penghasilan Rp. 800.000, dan itu hanya dari sepasang indukan dengan bobot 1kg, bagaimana jika kita mijahkan 3 - 4 pasang indukan..? Bagaimana jika indukan nya dengan bobot lebih dari 1kg..? Silahkan bayangkan sendiri. 
Yang saya tulis ini real dan nyata pengalaman saya pribadi, bukan copas ataupun cerita orang lain, ini murni saya alami dan itu bukan sekali saja. Jika pembahasan ini dirasa kurang lengkap, silahkan mampir ke channel youtube TUTORIAL BUDIDAYA IKAN disana sudah saya jelaskan lengkap, 400rb itu biaya apa saja dan keuntungan 800rb bagaimana..? Sudah saya kupas tuntas disana. 

Pada intinya, saya ingin memberi semangat dan motivasi buat sahabat, tuk mulai belajar berbudidaya ikan lele segment pembenihan, karena yang saya rasakan sangatlah menguntungkan. Hanya saja di dalam pembenihan tersebut terdapat teknik teknik rumit yang harus kita pelajari. Sabar, ulet, rajin, berdo'a dan berusaha giat, jangan pernah putus asa dalam menjalankan ini semua, adalah kunci keberhasilan budidaya ikan lele segment pembenihan. 
Semoga bermanfaat, dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penyampaian saya. 
SALAM PATILER'S SELURUH NUSANTARA

Comments

Popular posts from this blog

5 Penyebab ikan lele KANIBAL dan cara mengatasinya

Rumus penebaran bibit lele untuk pemula, jangan tebar padat

Cara mengobati penyakit karat pada ikan lele,